Review Jurnal Bahasa Indonesia 2

Judul
ANALISA KUALITAS PELAYANAN AKADEMIK DAN KEPUASAN MAHASISWA DI IPDN KAMPUS JAKARTA
Jurnal

Volume & Halaman
Vol 5,No.1
Tahun
Juni 2018
Penulis
Marthlina
Reviewer
Jeviana(1721200080)
Tanggal
22 Juni 2019

Latar Belakang
peranan jasa
penting dalam mengembangkan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Namun, perhatian pada aspek kualitas jasa pendidikan bisa dikatakan baru berkembang dalam satu dekade terakhir. Keberhasilan jasa pendidikan ditentukan dalam memberikan pelayanan yang berkualitas kepada para pengguna jasa pendidikan yakni peserta didik dan masyarakat. Rencana pembangunan pendidikan jangka panjang 2005- 2025 telah dijabarkan ke dalam empat tema pembangunan pendidikan, yaitu peningkatan kapasitas dan modernisasi (2005-2009), penguatan pelayanan (2010- 2015), penguatan daya saing regional (2015-2020) dan penguatan daya saing internasional (2020-2025). Rencana pembangunan ini berimplikasi kepada stakeholders pendidikan, sehingga dalam pembangunan pendidikan nasional bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan yang berdampak
pada peningkatan kepuasan akademik setiap pengguna jasa pendidikan, utamanya adalah peserta didik.
Peningkatan kualitas pendidikan tinggi harus dilaksanakan oleh penyelenggara pendidikan tinggi, baik pendidikan tinggi yang diselenggarakan oleh pemerintah, swasta maupun masyarakat. Kualitas pendidikan yang dicapai selama ini terasa kurang memberikan bekal kepada lulusan perguruan tinggi. Hal tersebut dapat dibuktikan dari lemahnya daya saing lulusan perguruan tinggi Indonesia di kancah Internasional. Pemerintah Pusat maupun Pemerintad Daerah sebagai stakeholders utama alumni IPDN perguruan tinggi sudah semestinya memperoleh apa yang diinginkan yaitu ASN yang profesional sesuai dengan keahliannya.
Agar mahasiswa yang dalam hal ini adalah praja IPDN memperoleh apa yang diharapkan, maka pihak perguruan tinggi harus dapat mensinergikan antara harapan mahasiswa dengan visi, misi dan tujuan organisasi. Sinergitas harapan mahasiswa

Metode Penelitian
Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan lokus penelitian pada Program Studi Manajemen Sumber Daya Manusia Fakultas Manajemen Pemerintahan, IPDN Kampus Jakarta. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode survei dengan populasi responden adalah mahasiswa (Wasana Praja) angkatan XXV berjumlah 36 orang. Teknik yang digunakan merupakan teknik sampel nonprobability sampling dengan pengambilan sample secara purposive sampling. teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan secara intensif, peneliti ikut berpartisipasi di lapangan, mencatat secara hati-hati apa yang terjadi, melakukan analisis reflektif terhadap berbagai dokumen yang ditemukan di lapangan, dan membuat laporan penelitian secara mendetail.
1
Pembahasan
PEMBAHASAN
Kegiatan pengukuran penilaian kepuasan praja terhadap pelayanan akademik Prodi S-1 Manajemen Sumber Daya Manusia dilaksanakan untuk seluruh praja Prodi S-1 Manajemen Sumber Daya yang diselenggarakan setiap akhir tahun ajaran yang sedang dilaksanakan dan akan memasuki tingkatan praja selanjutnya. Adapun beberapa butir pertanyaan dalam pengukuran penilaian kepuasan praja terhadap pelayanan akademik Prodi S-1 Manajemen Sumber Daya Manusia yang dilakukan adalah sebagai berikut.
11

Jurnal MSDM Vol. 5, No. 1/ Juni 2018: 1 – 18
Tabel 2
Aspek Penilaian Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Akademik
Aspek Penilaian Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Akademik
NO ASPEK YANG DINILAI
• Aspek Tangibles (Sarana pendidikan, Alat perkuliahan, Media pengajaran dan Prasarana pendidikan). 1 Ruang kuliah yang nyaman, bersih dan rapi 2 Prodi MSDM menyediakan sarana pembelajaran yang memadai diruang kuliah 3 Prodi MSDM mempunyai perpustakaan yang memadai 4 Prodi MSDM menyediakan buku referensi yang memadai di perpustakaan 5 Prodi MSDM menyediakan fasilitas kamar kecil yang bersih 6 Prodi MSDM mempunyai fasilitas ibadah yang dapat dipergunakan oleh praja
• Aspek Reliability dan Responsiviness (Keandalan dan sifat tanggap).
1 Pelaksanaan ujian yang tepat waktu
2 Pembelajaran sesuai dengan waktu yang telah ditentukan
3 Prodi MSDM membantu praja apabila menghadapi masalah dibidang akademik
4 Prodi MSDM memberikan kemudahan dalam memperoleh informasi akademik 5 Prodi MSDM memfasilitasi kegiatan, invitasi, dan kejuaraan dengan mahasiswa luar uni-
versitas 6 Staf akademik mempunyai kemampuan untuk melayani kepentingan praja
• Aspek Assurance (Perlakukan pada praja)
1 Staf akademik santun, ramah, dan sopan dalam memberikan pelayanan kepada praja
2 Permasalahan/keluhan praja selalu di tangani oleh prodi MSDM
3 Setiap pekerjaan/tugas selalu dikembalikan pada praja
4 Waktu dipergunakan secara efektif oleh dosen dalam proses pembelajaran 5 Adanya sanksi bagi praja yang melanggar peraturan yang telah ditetapkan dan berlaku
untuk praja tanpa terkecuali
• Aspek Empathy (Pemahaman terhadap kepentingan praja)
1 Prodi MSDM selalu berusaha memahami kepentingan dan kesulitan praja 2 Prodi MSDM selalu memonitor terhadap kemajuan mahasiswa melalui dosen wali atau
dosen bimbingan konselling 3 Dosen bersedia membantu praja yang mengalami kesulitan studi
4 Dosen bersikap bersahabat kepada praja 5 Prodi MSDM berusaha memahami minat dan bakat praja dan berusaha untuk mengem-
bangkanya
Sumber: Diolah oleh peneliti Sumber: Diolah oleh peneliti
12

Analisis Kualitas Pelayanan Akademik dan ... (Marthalina)
Tabel 3
Hasil Hasil Perhitungan Perhitungan Penilaian Penilaian Kepuasan Kepuasan Prodi Prodi S-1 S-1 Mahasiswa Mahasiswa MSDM MSDM
terhadap terhadap Pelayanan Pelayanan Akademik
PERTANYAAN SANGAT KURANG
33 PENILAIAN (dalam persen) TOTAL KU- RANG BAIK SANGAT
BAIK
• Aspek Tangibles (Sarana pendidikan, Alat perkuliahan, Media pengajaran dan Prasarana pendidikan). 1 Ruang kuliah yang nyaman,
bersih dan rapi 0 3,125 15,625 81,25 100
2
Prodi MSDM menyediakan sa- rana pembelajaran yang mema- dai diruang kuliah
0 0 18,75 81,25 100
3 Prodi MSDM mempunyai per-
pustakaan yang memadai 0 3,125 12,5 84,375 100
4
Prodi MSDM menyediakan buku referensi yang memadai di perpustakaan
0 0 21,875 78,125 100
5 Prodi MSDM menyediakan
fasilitas kamar kecil yang bersih 0 0 18,75 81,25 100
6
Prodi MSDM mempunyai fasil- itas ibadah yang dapat dipergu- nakan oleh praja
0 0 18,75 81,25 100
NILAI RATA-RATA 0,00 1,04 17,71 81,25 100,00
• Aspek Reliability dan Responsiviness (Keandalan dan sifat tanggap). 1 Pelaksanaan waktu ujian yang tepat
0 3,125 21,875 75 100
2 Pembelajaran sesuai dengan
waktu yang telah ditentukan 0 3,125 37,5 59,375 100
3
Prodi MSDM membantu praja apabila menghadapi masalah dibidang akademik
0 0 37,5 62,5 100
4
Prodi MSDM memberikan kemudahan dalam memperoleh informasi akademik
0 3,125 25 71,875 100
5
Prodi MSDM memfasilitasi kegiatan, invitasi, dan kejuaraan dengan mahasiswa luar univer- sitas
0 0 21,875 78,125 100
6
Staf akademik mempunyai kemampuan untuk melayani kepentingan praja
0 3,125 15,625 81,25 100
NILAI RATA-RATA 0,00 2,09 26,56 71,35 100,00
13

Jurnal MSDM Vol. 5, No. 1/ Juni 2018: 1 – 18
SANGAT KURANG KU-
RANG BAIK SANGAT
BAIK
• Aspek Assurance (Perlakukan pada praja)
1
Staf akademik santun, ramah, dan sopan dalam memberikan pelayanan kepada praja
0 6,25 12,5 81,25 100
2
Permasalahan/keluhan praja selalu di tangani oleh prodi MSDM
0 0 37,5 62,5 100
3 Setiap pekerjaan/tugas selalu
dikembalikan pada praja 0 3,125 21,875 75 100
4
Waktu dipergunakan secara efektif oleh dosen dalam proses pembelajaran
0 0 37,5 62,5 100
5
Adanya sanksi bagi praja yang melanggar peraturan yang telah ditetapkan dan berlaku untuk praja tanpa terkecuali
0 0 15,625 84,375 100
NILAI RATA-RATA 0,00 1,87 25,00 73,13 100,00
• Aspek Empathy (Pemahaman terhadap kepentingan praja)
1
Prodi MSDM selalu berusaha memahami kepentingan dan kesulitan praja
0 0 21,875 78,125 100
2
Prodi MSDM selalu memonitor terhadap kemajuan mahasiswa melalui dosen wali atau dosen bimbingan konselling
0 0 31,25 68,75 100
3 Dosen bersedia membantu praja
yang mengalami kesulitan studi 0 3,125 28,125 68,75 100 4 Dosen bersikap bersahabat
kepada praja 0 3,125 28,125 68,75 100
5
Prodi MSDM berusaha mema- hami minat dan bakat praja dan berusaha untuk mengembang- kanya
0 0 15,652 84,348 100
NILAI RATA-RATA 0,00 1,25 25,01 73,74 100,00
NILAI RATA-RATA (TOTAL) 0,00 1,56 23,57 74,87 100,00
Sumber: Diolah oleh peneliti Sumber: Diolah oleh peneliti
Dari beberapa indikator di atas, akan memberikan kepuasan kepada mahasiswa apabila telah tercapai semuanya, dengan diberikan pelayanan yang berkualitas yang ditandai dengan kenyamanan mahasiswa dalam menerima pelayanan akademik yang diberikan oleh perguruan tinggi dan biaya
perkualiahan yang diimpelmentaasikan ke dalam nilai (manfaat) yang sesuai dengan harapan mahasiswa. Dari uraian di atas, dapat diambil simpulan strategi yang dapat dilakukan untuk meningkat kualitas layanan akademik pada perguruan tinggi dapat dilihat dalam tabel sebagai berikut.
14

Analisis Kualitas Pelayanan Akademik dan ... (Marthalina)
Tabel 4
Strategi Strategi yang yang Dapat Dapat Dilakukan Dilakukan pada pada untuk untuk Perguruan Perguruan Meningkat Meningkat Tinggi Tinggi
Kualitas Kualitas Layanan Layanan Akademik
Akademik
Kualitas Pelayanan: Kepuasan Akademik Mahasiswa: 1. Bukti langsung (tangibles)
2. Kehandalan (reliability)
3. Daya tanggap (responsivess)
4. Jaminan (assurance)

Kelebihan
Penelitian ini bisa sebagai evaluasi terhadap kebijakan setiap universitas yang berkaitan untuk meningkatkan kualitas dan pelayanan di setiap universitas
Kekurangan
Data yang diambil belum akurat,sehingga kebenarannya harus dipastikan lagi untuk mengidentifikasi beberapa kelemahan yang adapada proses pelayanan akademik Prodi S-1 Manajemen Sumber Daya Manusia tahun 2017.
Kesimpulan
Berdasarkan hasil dan analisis data maka laporan kepuasan mahasiswa (Wasana Praja) terhadap pelayanan akademik Prodi S-1 Manajemen Sumber Daya Manusia tahun 2017 dapat disimpulkan bahwa pelayanan akademik Prodi S-1 Manajemen Sumber Daya Manusia telah berjalan dengan sangat baik dengan persentase total rata-rata 74,87 %.










Komentar

Postingan populer dari blog ini

REKRUTMEN KARYAWAN DAN KASUSNYA

Review Jurnal Bahasa Inggris