Review Jurnal Bahasa Indonesia 2
Judul
|
ANALISA KUALITAS PELAYANAN AKADEMIK DAN KEPUASAN MAHASISWA DI IPDN
KAMPUS JAKARTA
|
Jurnal
|
|
Volume & Halaman
|
Vol 5,No.1
|
Tahun
|
Juni 2018
|
Penulis
|
Marthlina
|
Reviewer
|
Jeviana(1721200080)
|
Tanggal
|
22 Juni 2019
|
|
|
Latar Belakang
|
peranan jasa
penting dalam mengembangkan dan meningkatkan kualitas
sumber daya manusia. Namun, perhatian pada aspek kualitas jasa pendidikan
bisa dikatakan baru berkembang dalam satu dekade terakhir. Keberhasilan jasa
pendidikan ditentukan dalam memberikan pelayanan yang berkualitas kepada para
pengguna jasa pendidikan yakni peserta didik dan masyarakat. Rencana
pembangunan pendidikan jangka panjang 2005- 2025 telah dijabarkan ke dalam
empat tema pembangunan pendidikan, yaitu peningkatan kapasitas dan
modernisasi (2005-2009), penguatan pelayanan (2010- 2015), penguatan daya
saing regional (2015-2020) dan penguatan daya saing internasional
(2020-2025). Rencana pembangunan ini berimplikasi kepada stakeholders pendidikan,
sehingga dalam pembangunan pendidikan nasional bertujuan untuk meningkatkan
kualitas pelayanan pendidikan yang berdampak
pada peningkatan kepuasan akademik setiap pengguna jasa
pendidikan, utamanya adalah peserta didik.
Peningkatan kualitas pendidikan tinggi harus
dilaksanakan oleh penyelenggara pendidikan tinggi, baik pendidikan tinggi
yang diselenggarakan oleh pemerintah, swasta maupun masyarakat. Kualitas
pendidikan yang dicapai selama ini terasa kurang memberikan bekal kepada
lulusan perguruan tinggi. Hal tersebut dapat dibuktikan dari lemahnya daya
saing lulusan perguruan tinggi Indonesia di kancah Internasional. Pemerintah
Pusat maupun Pemerintad Daerah sebagai stakeholders utama alumni IPDN
perguruan tinggi sudah semestinya memperoleh apa yang diinginkan yaitu ASN
yang profesional sesuai dengan keahliannya.
Agar mahasiswa yang dalam hal ini adalah praja IPDN
memperoleh apa yang diharapkan, maka pihak perguruan tinggi harus dapat
mensinergikan antara harapan mahasiswa dengan visi, misi dan tujuan
organisasi. Sinergitas harapan mahasiswa
|
Metode Penelitian
|
Jenis
penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan lokus
penelitian pada Program Studi Manajemen Sumber Daya Manusia Fakultas
Manajemen Pemerintahan, IPDN Kampus Jakarta. Penelitian dilakukan dengan
menggunakan metode survei dengan populasi responden adalah mahasiswa (Wasana
Praja) angkatan XXV berjumlah 36 orang. Teknik yang digunakan merupakan
teknik sampel nonprobability sampling dengan pengambilan sample secara
purposive sampling. teknik pengumpulan data menggunakan angket dan
dokumentasi. Penelitian ini dilakukan secara intensif, peneliti ikut berpartisipasi
di lapangan, mencatat secara hati-hati apa yang terjadi, melakukan analisis
reflektif terhadap berbagai dokumen yang ditemukan di lapangan, dan membuat
laporan penelitian secara mendetail.
1
|
Pembahasan
|
PEMBAHASAN
Kegiatan pengukuran penilaian kepuasan praja terhadap
pelayanan akademik Prodi S-1 Manajemen Sumber Daya Manusia dilaksanakan untuk
seluruh praja Prodi S-1 Manajemen Sumber Daya yang diselenggarakan setiap
akhir tahun ajaran yang sedang dilaksanakan dan akan memasuki tingkatan praja
selanjutnya. Adapun beberapa butir pertanyaan dalam pengukuran penilaian
kepuasan praja terhadap pelayanan akademik Prodi S-1 Manajemen Sumber Daya
Manusia yang dilakukan adalah sebagai berikut.
11
Jurnal MSDM Vol.
5, No. 1/ Juni 2018: 1 – 18
Tabel 2
Aspek Penilaian Kepuasan Mahasiswa
Terhadap Pelayanan Akademik
Aspek
Penilaian Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Akademik
NO ASPEK YANG DINILAI
• Aspek Tangibles (Sarana
pendidikan, Alat perkuliahan, Media pengajaran dan Prasarana pendidikan). 1 Ruang kuliah yang nyaman, bersih dan
rapi 2 Prodi MSDM menyediakan sarana pembelajaran yang memadai diruang kuliah
3 Prodi MSDM mempunyai perpustakaan yang memadai 4 Prodi MSDM menyediakan
buku referensi yang memadai di perpustakaan 5 Prodi MSDM menyediakan fasilitas
kamar kecil yang bersih 6 Prodi MSDM mempunyai fasilitas ibadah yang dapat
dipergunakan oleh praja
• Aspek Reliability dan Responsiviness
(Keandalan dan sifat tanggap).
1 Pelaksanaan ujian yang tepat waktu
2 Pembelajaran sesuai dengan waktu
yang telah ditentukan
3 Prodi MSDM membantu praja apabila
menghadapi masalah dibidang akademik
4 Prodi MSDM memberikan kemudahan
dalam memperoleh informasi akademik 5 Prodi MSDM memfasilitasi kegiatan,
invitasi, dan kejuaraan dengan mahasiswa luar uni-
versitas 6 Staf akademik mempunyai
kemampuan untuk melayani kepentingan praja
• Aspek Assurance (Perlakukan
pada praja)
1 Staf akademik santun, ramah, dan
sopan dalam memberikan pelayanan kepada praja
2 Permasalahan/keluhan praja selalu di
tangani oleh prodi MSDM
3 Setiap pekerjaan/tugas selalu
dikembalikan pada praja
4 Waktu dipergunakan secara efektif
oleh dosen dalam proses pembelajaran 5 Adanya sanksi bagi praja yang
melanggar peraturan yang telah ditetapkan dan berlaku
untuk praja tanpa terkecuali
• Aspek Empathy (Pemahaman
terhadap kepentingan praja)
1 Prodi MSDM selalu berusaha memahami
kepentingan dan kesulitan praja 2 Prodi MSDM selalu memonitor terhadap
kemajuan mahasiswa melalui dosen wali atau
dosen bimbingan konselling 3 Dosen
bersedia membantu praja yang mengalami kesulitan studi
4 Dosen bersikap bersahabat kepada
praja 5 Prodi MSDM berusaha memahami minat dan bakat praja dan berusaha
untuk mengem-
bangkanya
Sumber: Diolah oleh peneliti Sumber: Diolah oleh peneliti
12
Analisis
Kualitas Pelayanan Akademik dan ... (Marthalina)
Tabel 3
Hasil Hasil Perhitungan Perhitungan
Penilaian Penilaian
Kepuasan Kepuasan
Prodi Prodi S-1 S-1 Mahasiswa Mahasiswa MSDM MSDM
terhadap
terhadap Pelayanan
Pelayanan Akademik
PERTANYAAN SANGAT KURANG
33 PENILAIAN (dalam persen) TOTAL
KU- RANG BAIK SANGAT
BAIK
• Aspek Tangibles (Sarana pendidikan, Alat perkuliahan,
Media pengajaran dan Prasarana pendidikan). 1 Ruang kuliah yang nyaman,
bersih dan rapi 0 3,125 15,625 81,25 100
2
Prodi MSDM menyediakan sa- rana
pembelajaran yang mema- dai diruang kuliah
0 0 18,75 81,25 100
3 Prodi MSDM mempunyai per-
pustakaan yang memadai 0 3,125 12,5 84,375 100
4
Prodi MSDM menyediakan buku referensi yang memadai di
perpustakaan
0 0 21,875 78,125 100
5 Prodi MSDM menyediakan
fasilitas kamar kecil yang bersih 0 0 18,75 81,25 100
6
Prodi MSDM mempunyai fasil- itas ibadah yang dapat dipergu-
nakan oleh praja
0 0 18,75 81,25 100
NILAI RATA-RATA 0,00 1,04 17,71 81,25 100,00
• Aspek Reliability dan Responsiviness (Keandalan
dan sifat tanggap). 1
Pelaksanaan waktu ujian yang tepat
0 3,125 21,875 75 100
2 Pembelajaran sesuai dengan
waktu yang telah ditentukan 0 3,125 37,5 59,375 100
3
Prodi MSDM membantu praja apabila menghadapi masalah dibidang
akademik
0 0 37,5 62,5 100
4
Prodi MSDM memberikan kemudahan dalam memperoleh informasi
akademik
0 3,125 25 71,875 100
5
Prodi MSDM memfasilitasi kegiatan, invitasi, dan kejuaraan
dengan mahasiswa luar univer- sitas
0 0 21,875 78,125 100
6
Staf akademik mempunyai kemampuan untuk melayani kepentingan
praja
0 3,125 15,625 81,25 100
NILAI RATA-RATA 0,00 2,09 26,56 71,35 100,00
13
Jurnal MSDM Vol. 5, No. 1/ Juni 2018: 1 –
18
SANGAT KURANG KU-
RANG BAIK SANGAT
BAIK
• Aspek Assurance (Perlakukan pada praja)
1
Staf akademik santun, ramah, dan sopan
dalam memberikan pelayanan kepada praja
0 6,25 12,5 81,25 100
2
Permasalahan/keluhan praja selalu di tangani oleh prodi MSDM
0 0 37,5 62,5 100
3 Setiap pekerjaan/tugas selalu
dikembalikan pada praja 0 3,125 21,875 75 100
4
Waktu dipergunakan secara efektif oleh dosen dalam proses
pembelajaran
0 0 37,5 62,5 100
5
Adanya sanksi bagi praja yang melanggar peraturan yang telah
ditetapkan dan berlaku untuk praja tanpa terkecuali
0 0 15,625 84,375 100
NILAI RATA-RATA 0,00 1,87 25,00 73,13 100,00
• Aspek Empathy (Pemahaman terhadap kepentingan praja)
1
Prodi MSDM selalu berusaha memahami kepentingan dan kesulitan
praja
0 0 21,875 78,125 100
2
Prodi MSDM selalu memonitor terhadap kemajuan mahasiswa
melalui dosen wali atau dosen bimbingan konselling
0 0 31,25 68,75 100
3 Dosen bersedia membantu praja
yang mengalami kesulitan studi 0 3,125 28,125 68,75 100 4 Dosen bersikap bersahabat
kepada praja 0 3,125 28,125 68,75 100
5
Prodi MSDM berusaha mema- hami minat dan bakat praja dan
berusaha untuk mengembang- kanya
0 0 15,652 84,348 100
NILAI RATA-RATA 0,00 1,25 25,01 73,74 100,00
NILAI RATA-RATA (TOTAL) 0,00 1,56 23,57 74,87 100,00
Sumber:
Diolah oleh peneliti Sumber: Diolah oleh peneliti
Dari beberapa indikator di atas, akan memberikan
kepuasan kepada mahasiswa apabila telah tercapai semuanya, dengan diberikan
pelayanan yang berkualitas yang ditandai dengan kenyamanan mahasiswa dalam
menerima pelayanan akademik yang diberikan oleh perguruan tinggi dan biaya
perkualiahan yang diimpelmentaasikan ke dalam nilai
(manfaat) yang sesuai dengan harapan mahasiswa. Dari uraian di atas, dapat
diambil simpulan strategi yang dapat dilakukan untuk meningkat kualitas
layanan akademik pada perguruan tinggi dapat dilihat dalam tabel sebagai
berikut.
14
Analisis Kualitas Pelayanan
Akademik dan ... (Marthalina)
Tabel 4
Strategi Strategi yang yang Dapat Dapat Dilakukan Dilakukan
pada pada untuk untuk Perguruan Perguruan
Meningkat Meningkat
Tinggi Tinggi
Kualitas Kualitas Layanan
Layanan Akademik
Akademik
Kualitas Pelayanan: Kepuasan Akademik Mahasiswa: 1. Bukti langsung (tangibles)
2. Kehandalan (reliability)
3. Daya tanggap (responsivess)
4. Jaminan (assurance)
|
Kelebihan
|
Penelitian ini bisa sebagai evaluasi terhadap kebijakan setiap
universitas yang berkaitan untuk meningkatkan kualitas dan pelayanan di
setiap universitas
|
Kekurangan
|
Data yang
diambil belum akurat,sehingga kebenarannya harus dipastikan lagi untuk mengidentifikasi beberapa kelemahan yang adapada proses
pelayanan akademik Prodi S-1 Manajemen Sumber Daya Manusia tahun 2017.
|
Kesimpulan
|
Berdasarkan hasil dan analisis data maka laporan
kepuasan mahasiswa (Wasana Praja) terhadap pelayanan akademik Prodi S-1
Manajemen Sumber Daya Manusia tahun 2017 dapat disimpulkan bahwa pelayanan
akademik Prodi S-1 Manajemen Sumber Daya Manusia telah berjalan dengan sangat baik dengan persentase
total rata-rata 74,87 %.
|
Komentar
Posting Komentar